Berita Rosululloh

Rosululloh shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

“Umat ini akan berpecah menjadi 73 golongan, semuanya di neraka kecuali satu.” Para shohabat bertanya: “Siapakah mereka, wahai Rosululloh?” Beliau menjawab: “Golongan yang berada di atas petunjuk yang dipegang aku dan para shohabatku.”

(HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrok dari Abdullah bin Amr. Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata dalam Takhrij Al-Kasyaf hal. 64: “Sanadnya hasan.”).

Wasiat Rosululloh

Rosulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

“Aku tinggalkan di antara kalian dua hal, kalian tidak akan sesat selama kalian berpegang teguh dengan keduanya: Kitabulloh dan Sunnahku, dan keduanya tidak akan berpisah hingga mendatangiku di Al-Haudh (telaga Rosululloh di hari kiamat nanti).”

Hadits Shohih, HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrok dari Abu Huroiroh, dibawakan dalam Jamiush-Shoghir karya Al-Imam As-Suyuthi)

Madzhab Imam Asy-Syafii

Al-Imam Asy-Syafi’i berkata:

“Jika hadits itu shohih, maka itulah madzhabku (pendapatku).”

(Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab (1/63) karya Al-Imam An-Nawawi)

Jangan Akuan semata ...

Tidaklah semua orang yang mengaku bermadzhab syafii itu benar mengikuti madzhab Al-Imam Asy-Syafii. Dan tak berguna akuan yang tidak diiringi dengan kenyataan. Sebagaimana kata seorang penyair:

“Setiap orang mengaku punya hubungan dengan Laila Namun Laila tidak membenarkannya.”

Apa Ciri Ahlussunnah?

Ibnu Katsir dalam Tafsirnya (Ar-Rum: 30-32) berkata: “Umat Islam ini berselisih di antara mereka menjadi berbagai aliran, semuanya sesat kecuali satu, yaitu ahlussunnah wal jamaah, yang memegang teguh Kitabullah dan Sunnah Rosululloh shallallahu 'alaihi wa sallam, dan memegang petunjuk generasi pertama: para shohabat, para tabiin, serta para imam kaum muslimin pada masa dulu atau belakangan.”

Berikut ini kitab-kitab ulama yang bermadzhab syafiiyah yang bisa didownload.
Bentuknya adalah file berekstensi chm (compiled HTML help file), doc, pdf, atau exe. Silahkan untuk mendownload. Semoga Alloh memberi manfaat dengannya:
1. Kitab-kitab Al-Imam As-Syafii rohimahulloh (-204 H) berbahasa arab
Ikhtilaf Al-Hadits (اختلاف الحديث), Kitab Ahkamul Qur'an Lisy Syafii (أحكام القرآن للشافعي), Jima' Al-Ilmi (جماع العلم), Al-Umm (الأم )
Diwan Al-Imam Asy-Syafii (ديوان الإمام الشافعي رحمه الله)
I'tiqad Al-Imam Asy-Syafii (اعتقاد الإمام الشافعي)

2. Kitab-kitab Al-Imam Ismail Al-Muzani rohimahulloh (175-264 H) berbahasa arab
Kitab Muktashor Al-Muzani (مختصر المزني) atau di sini.
Risalah Syarh As-Sunnah (إسماعيل بن يحيى المزني ورسالته شرح السنة) dalam masalah aqidah.

3. Kitab-kitab Ibnul Munzhir rohimahulloh (242-319 H) berbahasa arab
Kitab Al-Ijma' (كتاب الإجماع), Al-Ausath Fis Sunan Wal Ijma' Wal Ikhtilaf (الأوسط في السنن والإجماع والاختلاف), Kitab Tafsir Al-Qur'an (كتاب تفسير القرآن ( تفسير ابن المنذر)

4. Kitab-kitab Al-Imam Abu Utsman Ash-Shobuni rohimahulloh ( -449 H) berbahasa arab

Risalah Fil Aqidah Ahlil Atsar

5. Kitab-kitab Al-Imam Al-Mawardi rohimahulloh (364-450 H) berbahasa arab
Al-Hawi Fi Fiqhi Asy-Syafii (الحاوي في فقه الشافعي), Al-Ahkam Ash-Shulthoniyah (الأحكام السلطانية), Al-Iqna' Fi Fiqh Asy-Syafii (الإقناع في الفقه الشافعي)

6. Kitab-Kitab Karya Al-Imam An-Nawawi rohimahulloh (-676 H) berbahasa arab
Berisi kitab-kitab: Adab Al-Fatwa Wa Al-Mufti Wa Al-Mustafti, Al-Adzkar, Al-Arbaun An-Nawawiyyah, At-Tibyan Fii Adab Hamalah Al-Qur'an, Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab, Al-Minhaj Syarh Shohih Muslim bin Al-Hajjaj, Bustan Al-'Arifin, Riyadhush Sholihin, Tahdzib Al-Asma' Wal Lughoh, Juz' Fiihi Dzikr I'tiqod As-Salaf Fii Al-Huruf Wa Al-Aswath, Minhaj Ath-Tholibin Wa 'Umdah Al-Muftin Fi Al-Fiqh, Khulashoh Al-Ahkam Fii Muhimmat As-Sunan Wa Qowa'id Al-Islam, Roudhoh Ath-Tholibin Wa 'Umdah Al-Muftin dan lainnya.

7. Kitab-Kitab Karya Al-Hafizh Ibnu Katsir (-774 H) berbahasa arab
Berisi kitab-kitab: Al-Ba'its Al-Hatsits Fii Ikhthishor 'Ulum Al-Hadits, Al-Bidayah Wa An-Nihayah, As-Siroh An-Nabawiyyah, Tuhfah Ath-Tholib Bi Ma'rifah Ahadits Mukhtashor Ibnu Hajib, Tafsir Al-Qur'an Al-'Azhim, Qoshosh Al-Anbiya, dan An-Nihayah Fi Al-Fitan dan Al-Malahim.

Fadhail Al-Qur'an (فضائل القرآن) dalam file pdf.

8. Kitab-Kitab Karya Al-Hafizh Adz-Dzahabi (bahasa arab)
Berisi kitab-kitab: Al-'Ibar Fi Khobar Man Ghobar, Al-Kabair, Al-Mauqizhoh Fi Ilm Mushtholah Al-Hadits, Tarikh Al-Islam, Tadzkiroh Al-Hufzah, Haqq Al-Jar, Siyar A'lam An-Nubala, Mukhtashor Tarikh Ibnu Ad-Dabitsi, Mizan Al-I'tidal Fii Naqd Ar-Rijal, Al-'Arsy, Mukhtashor Al-'Uluw Li Al-'Ali Al-'Azhim, At-Tamasuk Bis-Sunan Wa At-Tahdzir Min Al-Bida' dan lainnya.

9. Kitab-Kitab Karya Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolani (bahasa arab)
Berisi kitab-kitab: Al-Ishobah Fii Ma'rifah Ash-Shohabah, At-Talkhish Al-Habir Fii Ahaiits Ar-Rofii Al-Kabir, Ad-Diroyah Fii Takhrij Ahadits Al-Hidayah, An-Nukat 'Ala Kitab Ibn Ash-Sholah, Bulughul Marom Min Adilatil Ahkam, Taghliq At-Ta'liq 'Ala Shohih Al-Bukhori, Taqrib At-Tahdzib, Fathul BAri Syarh Shohih Al-Bukhori, Tahdzib At-Tahdzib, Lisan Al-Mizan dan lainnya.

10. Kitab-Kitab Karya Al-Imam As-Suyuthi (bahasa arab)Berisi kitab-kitab: Asror Tartib Al-Qur'an, Tuhfah Al-Abror Bi Nukat Al-Adzkar Li An-Nawawiy, Tanwir Al-Hawalik Syarh Muwatho' Malik, Husn Al-Muhadhoroh Fii Akhbar Mishr Wa Al-Qohiroh, Shifah Shohib Adz-Dzuq As-Salim Wa Maslub Adz-Dzuq Al-Laim, Tobaqot Al-Mufassirin, Lubb Al-Lubab Fii Tahrir Al-Ansab, Lubab An-Nuqul Fii Asbab An-Nuzul, Mathla' Al-Badriyyin Fii Man Yu'ta Ajruhu Marrotain, Mimma Rowahu Al-Asathin Fii 'Adam Al-Maji' Ila As-Salathin, Nuzhah Al-Julasa' Fii Asy-'ar An-Nisa', dan lainnya.

Kitab Al-Amru Bi Al-Ittiba Wa An-Nahyu 'An Al-Ibtida', karya Al-Imam As-Suyuthi (bahasa arab)
Kitab ini membahas tentang bid'ah-bid'ah yang menyelisihi syariat Islam. Begitu juga memuat perkataan para imam, termasuk Imam Asy-Syafii untuk berpegang teguh dengan sunnah.

11. Kitab Tahdzib Al-Kamal karya Al-Hafizh Al-Mizzi (bahasa Arab)

12. Kitab lainnya menyusul Insya Alloh.

Sedang berikut ini kitab-kitab dan buku-buku lain yang bermanfaat. Bisa langsung didownload:
1. Al-Qur’an bersama tafsir-tafsir ulama ahlussunnah (bahasa Arab)
Program Al-Qur'an Al-Karim yang lengkap dengan syakal, dilengkapi dengan Tafsir Al-Qurthubi, Tafsir Ath-Thabari, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al-Jalalain, Tafsir Ad-Durar Al-Mantsur, Tafsir Fathul Qadir, Tafsir Al-Baghawi dan lainnya, disertai dengan Terjemah bahasa Inggris dan bahasa Perancis.

2. Al-Qur’an Digital dengan terjemah Depag RI (bahasa Indonesia)

3. Al-Qur’an dengan terjemahnya berbagai bahasa
Program ini dilengkapi dengan Asbabun Nuzul, dan beberapa terjemah, yaitu: Bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Indonesia, dan Rusia.

4. Shohih Al-Bukhori (bahasa Arab)

5. Shohih Muslim (bahasa Arab)

6. Terjemah Shohih Al-Bukhori (bahasa Inggris)

7. Terjemah Shohih Muslim (bahasa Inggris)

8. Kholq Af'al Al-'Ibad karya Imam Al-Bukhari (bahasa Arab)

9. Al-Ibanah Fi Ushul Ad-Diyanah karya Al-Imam Abul Hasan Al-Asy'ari (الإبانة عن أصول الديانة لأبي الحسن الأشعري)

10. Kitab lainnya menyusul Insya Alloh.

Hak Cipta @ 2009

Boleh menyalin dari blog: FatwaSyafii.wordpress.com atau FatwaSyafiiyah.blogspot.com untuk kepentingan dakwah Islam dengan mencantumkan url sumber untuk setiap artikel.

Posting Pilihan